Redenominasi Rupiah Bisakah?

18 Oct

Bulan Juli 2010 lalu Gubernur BI, Darmin Nasution mengemukakan gagasan tentang redenominasi. Mungkin sebagaian dari kita bertanya apa bedanya redenominasi dengan sanering yang pernah dilakukan negeri ini tahun 1960an. Jawabanyya jelas sangat berbeda. Sanering merupakan program pemotongan mata uang, misalnya saja Rp10.000 jadi Rp 5.000 saja. Pada waktu itu, sanering dilakukan dengan tujuan untuk menekan inflasi. Hal tersebut dimungkinkan sebab harga barang ada;ah tetap. Sehingga, masayarakat dipaksa untuk tidak konsumtif (daya beli rendah). Sanering dilakukan ketika Negara memiliki jumlah uang beredar (JUB) yang terlalu banya.

Sedangkan pada redenominasi harga barang mengikuti penurunan nilai rupiah. Misalnya harga hp Rp 2.000.000 sebelum redenominasi. Kemudian pemerintah menetapkan redenominasi Rp 1.000 jadi Rp 1. Harga hp tersebut juga akan terpangkas menjadi Rp 2.000 pada saat kebijakan redenominasi dilakukan. Secara sekilas redenominasi bermanfaat tapi pastinya akan timbul berbagai masalah.

Redenominasi bisa gak ya??

Pertama, sosialisasi kepada 238 juta penduduk negeri ini pasti tidaklah mudah. Mereka memiliki pendapatan dan pendidikan berbeda satu dengan yang lainnya. Belum lagi penduduk yang berada di daerah terpencil. Kita harus ingat Indonesia merupakan Negara yang memiliki lebih dari 17.000 pulau.

Kedua, keamanan kebijakan redenominasi sangatlah rawan. Mungkin saja banyak para pelaku ekonomi yang nakal dan mencoba menarik keuntungan dari kebijakan ini. Apalagi jika pemerintah tidak memiliki kredibilitas tinggi maka kebijakan ini akan sia-sia belaka, salah-salah inflasi malah semakin meningkat.

Ketiga, masyarakat kita tingkat kepercayaannya pada pemerintah terbilang cukup rendah. Bias jadi masyarakat akan mengalihkan semua asetnya ke luar negeri atau menukar rupaih menjadi dollar. Jika hal tersebut terjadi bukan tidak mungkin cadangan devisa BI akan terkuras habis.

Walaupun menimbulkan masalah nantinya , apa salahnya kita dukung kebijakan pemerintah ini. Mungkin tahun-tahun pertama akan sulit tapi lama kelamaan pasti akan menjadi normal kembali.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: