INDONESIA VS KOREA (ASPEK BAHASA)

17 Jun

Baru-baru ini negeri kita tercinta, Indonesia sedang dilanda demam Korea. Segala macam hal-hal berbau Korea mulai merasuki kita, mulai dari drama, penyanyi baik itu solo maupun grup, makanan, budaya, fashion, sampai bahasa sekalipun. Di postingan kali ini menarik juga kalau kita coba bandingin Negara kita Indonesia dengan Negeri Ginseng Korea dalam berbagai aspek yang tadi udah disebutin. Baiklah, let’s get started. Kita mulai dari yang gampang dulu deh yaitu bahasa.

Hari Minggu kemaren mampirlah daku dan my sisters ke Gramedia. Kali-kali aja nemu buku obralan yang bagus. Kebetulan disana lagi ada obral, yah walaupun bukunya lama tapi gak masalah. Pas berkeliling dari satu rak buku ke rak yang lain, mataku tertuju pada satu rak yang dipenuhi sama mbak-mbak, dan ternyata itu adalah rak khusus buku bahasa asing selain bahasa mandarin dan bahasa Inggris yang notabene diberi rak tersendiri. Waktu itu aku bikin hipotesis kalau mereka pasti baca buku bahasa Korea. Dan ternyata hipotesisku terbukti (Ye…..), mereka lagi baca buku bahasa Korea dengan berbagai penulis dan mulai berdiskusi (lama diskusi tapi gak beli juga).

 

Tidak berhenti disitu saja, ternyata demam belajar bahasa Korea melanda temen-temenku. Hal itu terlihat jelas ketika mereka sedang dilanda kepanikan. Biasanya nih mereka bakal bilang “Piye Ki?” (diambil dari bahasa Jawa yang artinya Gimana Nih?). tapi sekarang mereka malah mengucapkan 어떻게 (eotteohke, artinya sih sama). Dan itu diucapkan secara spontan, yang menurutku kalau suatu kata diucapkan pada saat panik itu berarti sudah sering mereka gunakan. (Ckckck).

 

Kalau dibandingin antara bahasa Korea dan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia itu juga bagus, cek aja di puisi-puisi atau lirik lagu beberapa penyanyi era 90an. Lirik lagu mereka juga gak kalah puitisnya sama lagu Korea. Cuman masalahnya ada pada kita yang gak ngerti artinya, jadi keliatannya lebih indah. Padahal kalau tuh lirik dialih bahasakan ke bahasa Indonesia, paling juga sama. (Ya kan??). Gak salah juga sih kita belajar bahasa Korea, tapi yang jelas-jelas bahasa yang kita pelajarin dari TK bahkan playgroup aja kita masih belum bener ngucapinnya. Gak percaya? Aku pernah survey kecil-kecilan sama temenku satu angkatan tentang nilai Ujian Akhir Nasional pelajaran Bahasa Indonesia dan 80% dari mereka ternyata nilai Bahasa Indonesia lebih jelek dari Bahasa Inggris yang notabene adalah bahasa asing. (Termasuk aku juga…Cek deh nilai kalian!!). Tuh berarti kan kita masih lemah dalam bahasa Ibu kita.

 

Ada hal yang patut kita acungin jempol nih untuk orang Korea yang bangga dengan bahasa mereka sendiri, yang kalau ngomong blekuthuk2 alias gak jelas atau bahasa Inggrisnya mumbling. Hal itu terbukti ketika gak secara sengaja nonton infotainment tentang Hot Couple of The Month yaitu Anang Hermansyah dan Ashanty yang baru pulang dari liburan di Korea. Mereka berdua ngeluh gara-gara orang Korea gak ngerti bahasa Inggris padahal mereka hidup di kota besar sekelas Seoul (ibukota Korea). Tuh, orang kota aja males belajar bahasa internasional, apalagi yang hidup di pinggiran kota? Mungkin juga mereka punya pemikiran, ngapain juga capek2 belajar bahasa asing kalau pada akhirnya mereka tetap tinggal di Korea. Lihat aja yang belajar bahasa asing kan bagi mereka yang memang butuh kayak pengajar yang memang punya rencana belajar diluar negeri atau penyanyi yang memang mereka mau go international. Mereka lebih memilih belajar bahasa Negara yang akan mereka kunjungi. Contohnya nih para penyanyi yang mau ekspansi ke Jepang. Mereka milih belajar bahasa Jepang bukannya bahasa Inggris. Emangnya kita, berbagai sekolah berlomba-lomba bikin Sekolah Bertaraf Internasional tapi pada akhirnya gak kepakai kan mubazir.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: